ANCAMAN MENINGGALKAN SHALAT BERJAMA'AH

 sebagai mana yang di janjikan  Allah swt, . pahala dan rahmat akan diberikan kepada orang yang taat dan menjunjung tinggi  perintah perintah -NYA ,.maka Allah swt,juga memberi peringatan dengan azab karena mengingkari nya,.
     sebagai hamba Allah swt,.kita wajib menjunjung tinggi perintah perintah nya,.
sebenar nya tidak pantas kita mendapatkan pahala karena kepatuhan kita terhadap perintah perintah -NYA,. kalaw lah Allah swt,pahalatersebut,hal itu semata mata karena kasih sayang  Allah swt,kepada kita,.
demikian juga tidak ada azab yang tidak pantaskita terima karena  mendurhakai Allah swt,, karena sifat seorang hamba   adalah menaati semua perintah tuan nya,
  sebenar nya tidak perlu di uraikan mengenai peringatan atau pelajaran agar manusia  waspada terhadap ancaman Allah, namun karena Allah swt dan Rasul NYA begitu pengasih dan penyayang
sehingga dia memberitahu kita dengan ber bagai cara agar kita di selamat kan  dari ancaman tersebut,. jika kita tidak menghiraukan peringatan peringatan ini maka kita sendiri yang akan rugi,,


  hadits ke -1

ibnu abbas r.a berkata,. Rasulullah saw bersabda,."barang siapa mendengar suara azan ,tetapi tidak memenuhi nya tanpa suatu uzur,maka shalat yang di kerjakan nya tidak akan di terima ." para sahabat bertanya ,.."apakah uzur nya?." beliau saw menjawab,." ketakutan atau sakit."
    (Hr.Abu Dawut, Ibnu Hibban dan Ibnu majah  -at Targhib)
   
maksud dari , " shalat nya tidak akan di terima" adalah ,dia tidak akan memperoleh pahala dari shalat yang dikerjakan nya,walaupun kewajiban nya telah di tunaikan,   dengan kata lain, dia tidak akan memperoleh ke muliaan  dan ke hormatan  yang seharus nya di terima, ini adalah menurut para iman kita, sedangkan para sahabat dan para tabi'in mengatakan bahwa meninggalkan shalat berjamaah tanpa alasan yang kuat  adalah haram hukum nya.
jadi ., shalat berjamaah adalah hukum nya wajib  , sehingga sehingga banyak ulama yang mengatakan   bahwa meninggalkan shalat berjamaah , shalat nya tidak sah,,.
      Iman Hanafi  roh.a. mengatakan ,  meskipun shalat nya sah  namun dia tetap berdosa karena meninggalkan shalat berjamaah,,..
 Ibnu abbas r.a.  berkata   bahwa orang yang seperti itu berdosa  karena mengingkari ALLAH SWT,. Ibnu abbas juga berkata,.:barang siapa mendengar suara azan ,tetapi tidak melaksanak shalat berjamaah,maka dia tidak menghendaki  kebaikan dan tidak mau diberi kebaikan,"
 Abu Hurairah .r.a. berkata,." barang siapa yang mendengar suara azan,tetapi tidak shalat berjamaah ,maka lebih baik  di tuangkan cairan timah yamg mendidih kedalam telinga nya "


   sebaik baik nya  shalat laki-laki adalah di masjid,,
  

Ditulis Oleh : ~admin

pendekar Anda sedang membaca artikel berjudul ANCAMAN MENINGGALKAN SHALAT BERJAMA'AH yang ditulis oleh : ADMIN BLOG INI :yang berisi tentang :ANCAMAN MENINGGALKAN SHALAT BERJAMA'AH artikel ini silah kan di share, dan tinggal kan tanggapan anda tentang ini

0 komentar:

Posting Komentar